Loading

03 November, 2010

Penyebab Kulit Kering

Kulit kering merupakan masalah yang sering dihadapi banyak orang, khususnya ketika cuaca dingin dimana udara menjadi kering. Udara kering ini menyebabkan kelembaban kulit menghilang, selanjutnya kulit menjadi pecah dan retak-retak. Daerah yang merekah dan retak-retak dapat mengalami iritasi dan terasa gatal. Ruam kulit kering kadang-kadang berupa bercak-bercak kulit berbentuk

bundar, yang menyerupai penyakit jamur kulit (kadas).

Image

Bagaimanakah pengobatan Kulit Kering ?

Pengobatan dilakukan dengan cara melumasi kulit. Tujuannya untuk memulihkan kelembaban kulit. Air akan melembabkan kulit anda dengan segera, namun kelembaban ini cepat hilang oleh penguapan. Lotion, cream dan salep yang memberikan lapisan pembungkus akan mencegah penguapan air.

Menggunakan minyak mandi ( oil bath ) adalah cara yang paling efektif untuk mencegah hilangnya kelembaban kulit. Anda dapat mengoleskan minyak mandi ke kulit atau menambahkan langsung ke air mandi.

Untuk menghindari perasaan berminyak, gunakanlah minyak sedikit saja. Satu sendok teh cukup untuk seluruh badan rata-rata orang dewasa. Bila anda menyukai menggunakan minyak mandi di dalam bak, tambahkan kira-kira satu sendok makan penuh ke dalam air mandi dan berendam selama 10 - 20 menit. Jangan memakai sabun, karena badan anda sudah cukup bersih dengan berendam di dalam bak yang berisi campuran minyak dan air. Sesudah mandi, keringkanlah badan anda dengan handuk, dengan cara ditutul-tutul secara lembut agar minyak mandi yang tertinggal di kulit masih cukup untuk mencegah kehilangan kelembaban kulit anda.

Bila tidak suka memakai minyak mandi, anda dapat menggunakan cream pelembab, lotion pelumas, minyak parafin atau vaselin murni.

Setiap pelumas paling baik dioleskan di kulit setelah kulit dibasahi terlebih dahulu dengan air sehingga air akan terperangkap di bawahnya. Hal ini akan menjaga kelembaban kulit anda.

Tidak ada komentar: